Saturday, July 24, 2010

Technology in the future

Masa Depan?

Pasti yang ada dalam pikiran kita adalah gedung – gedung pencakar langit yang tingginya dapat membelah langit. Robot – robot yang berkeliaran sebagai asisten manusia. Mobil – mobil yang berlalu lalang di angkasa. Di angkasa? Ya di angkasa.. Tidak ada lagi mobil beroda empat yang melintas di jalan raya. No more traffic. Tidak ada lagi kemacetan di jalan.

Tentu saja hal tersebut menjadi gambaran umum bagi kita semua terhadap teknologi masa depan. Semua peralatan serba canggih, semua serba berteknologi.
Apakah teknologi sehebat itu?

Ya, tentu saja. Teknologi berkembang sangat cepat seiring kepintaran manusia yang makin bertambah. Orang – orang jenius berlomba – lomba menciptakan suatu terobosan baru yang sedemikian canggih. Alat – alat modern, yang serba praktis di buat untuk membantu pekerjaan manusia.

Jika di tanya, pandangan masa depan saya terhadap teknologi itu seperti apa, jawabannya adalah luar biasa. Dalam imajinasi saya, __mungkin sama seperti imajinasi yang lain__ kita hidup di sebuah kota yang mungkin berada di atas langit. Dengan kendaraan serba terbang. Robot sebagai pengganti ‘pembantu’ dirumah. Komputer transparan, dan mengoperasikannya hanya dengan menyentuh ala Iron Man 2, Semua mesin otomatis, manusia hanya menyebutkan perintah, dan TARAAA... semua yang kamu inginkan sudah ada di depan mata.

Semua hal yang sekarang mustahil, mungkin bisa terwujud di masa depan. Bahkan mungkin, kalian tidak akan merasa aneh bila menghabiskan liburan di planet mars saat liburan sekolah. Atau mungkin perkataan “Akan kuambil bintang itu untukmu” yang mungkin terdengar amat, sangat, gombal. Bisa terjadi di masa depan. Hehehe.. “kamu mau bintang yang mana sayang? Nanti aku suruh si robot ngambil buat kamu” ihiyyy prikitiw... haha..

Uppss, maaf.. jadi melantur.

Ya seperti itulah gambaran masa depan dalam imajinasi saya. Sekarang kita contoh beberapa pandangan orang lain terhadap masa depan :

1. Mesin-mesin Cerdas Seukuran Atom, Nanoteknologi

Nanoteknologi adalah segala teknologi masa depan yang memungkinan manusia memanipulasi partikel-partikel super kecil yang besarnya nyaris seukuran atom. Tujuannya adalah menciptakan material-material baru masa depan, bahkan mesin-mesin dan robot-robot seukuran partikel. Material-material itu akan bisa lebih kuat dari intan, super ringan, tahan panas dan dingin dengan skala yang ekstrim, mampu menghantarkan listrik lebih baik, lebih tahan lama, ramah lingkungan dan seterusnya.



>> Ini nih cikal bakalnya teknologi super canggih. Dengan teknologi ini, kita dapat membuat komputer mini dengan kapasitas memori yang luar biasa besar dan robot berukuran bakteri yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia untuk menyembuhkan penyakit. That’s AMAZING!!!

2. Era Manusia-manusia Super, Rekayasa Genetika

Ini nantinya akan memungkinkan dilakukannya rekayasa genetika untuk menciptakan manusia-manusia masa depan yang sangat unggul. Manusia dengan kesehatan sempurna, terbebas dari penyakit, berumur lebih dari 100 tahun dan mempunyai kecerdasan mendekati genius. Bayangkan bila manusia menemukan gen spesial yang membuat Einstein menjadi genius. Lalu gen itu bisa ditransfer ke seluruh umat manusia. Atau keunggulan fisik David Beckham, atau bahkan kharisma John F. Kennedy.



>> Memang keren sih, umat manusia di seluruh dunia mendadak menjadi jenius ketika gen dari Einsten di sebarkan. Tapi bukankah itu menyebabkan ketidak seimbangan dalam kehidupan? Bagaimanapun semua diciptakan harus berpasangan. Ada hitam ada juga putih. Ada baik ada pula jahat. Ada pintar, ada juga bodoh. Jika semuanya jenius? Apa jadinya dunia? Mengingat sifat keserakahan manusia, saya rasa hal itu terlalu riskan.

3. Jubah Menghilang ala Harry Potter, Metamateria

Hanya beberapa tahun yang lalu, seluruh ilmuwan ternama dunia masih yakin bahwa tidak ada satupun material di dunia ini yang bisa membuat manusia menghilang. Itu benar-benar tidak mungkin, karena itu melanggar semua hukum alam yang diketahui manusia. Tapi mereka semua salah..



Metamaterial, menjadi salahsatu bahan yang ramai dibicarakan. Bahan ini bisa membuat sesuatu, menjadi tidak terlihat. Sebuah baju yang menggunakan teknologi ini bisa membuat pemakainya ”menghilang”, seperti jubah ajaib dalam ”Harry Potter”.

>> Menakjubkan memang, dengan jubah ini kita bisa bersembunyi tanpa harus ketahuan orang lain. Tapi bayangkan jika hal ini menjadi kenyataan, dan jubah ini jatuh ke tangan yang salah, tingkat kejahatan akan meningkat di seluruh dunia. Bisa saja orang jahat ini mencuri, membunuh, merampok dan bersembunyi dengan jubah itu tanpa harus ketakutan di tangkap polisi. Menyeramkan bukan?

4. Alat penterjemah langsung

Perusahaan SRI, AS, pernah mengembangkan sebuah software pengenal suara IraqComm dan penerjemahan kepada tentara pendudukan AS di Iraq, di saat bicara bahasa Arab dan diarahkan ke mikrofon, komputer dengan segera menerjemahkannya ke bahasa Inggris dan melafalkan bahasa terjemahannya.



>> ingat jelly penerjemah Doraemon? Yang mampu menerjemahkan segala bahasa termasuk bahasa binatang? Mungkin di masa depan alat ini akan di jual bebas menggantikan kamus alfa-link di toko buku. Hehehehe..

5. Transporter

Lebih dikenal sebagai apparation dalam serial Harry Potter (ketahuan nih penggila harry potter) atau juga Jumper di sebuah film lain. Prinsip kerjanya sama, yaitu hanya dengan mengedipkan mata, kita bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Entah ini teknologi atau sihir. Karena prinsip kerja ini sama saja seperti yang dilakukan jin. Hehehe.

Namun di masa depan, bisa saja hal ini dapat terjadi. Dan menurut saya ini adalah yang paling menakjubkan. Benar benar luar biasa. Saya bisa saja keliling dunia dalam hitungan menit.

Tapi ingat, hal ini sangat beresiko. Ingat film jumper? Bayangkan jika orang jahat memiliki kemampuan ini? Entah sampai kapan penjahat itu akan tertangkap. Karena begitu dia muncul dan BLASSSHHH.. di hilang lagi ke sebuah tempat antah berantah.




Contoh – contoh di atas adalah proyek proyek masa depan yang dilakukan oleh para ilmuwan, yang mungkin suatu saat akan terwujud. Atau mungkin sudah terwujud, tapi belum sempurna. Tentu saja saat itu kita belum tentu masih ada di dunia ini :D, bisa saja cucu dari cucu cucunya kita yang akan merasakan kecanggihan teknologi tersebut.

Setelah melihat contoh diatas mungkin anda tidak berhenti berdecak kagum atas perkembangan teknologi. Tapi ketahuilah, semakin canggih teknologi, semakin banyak macam kejahatan yang akan terjadi. Atau bisa saja kita, manusia menjadi terbalik dijadikan budak oleh teknologi. Seperti film Spiderman, bagaimana robot ciptaan kita berubah menjadi musuh dan tidak terkendali. Menyeramkan bukan jika robot – robot yang ada berbalik memerintah manusia, bukan manusia yang mengendalikan robot?

Ya semua itu bisa terjadi. Oleh karena itu berhati – hatilah menggunakan teknologi.

Sumber : Berbagai macam sumber dan di tulis pribadi oleh penulis

No comments:

Post a Comment