Sunday, July 25, 2010

iPhone Bantu Pasien Lumpuh Otak Berkomunikasi

Selama bertahun-tahun, Martin Brooks dan istrinya Sarah Phelan berjuang agar bisa memahami kebutuhan Mia, putri mereka yang menderita kelumpuhan otak sejak lahir. Untuk bisa berkomunikasi dengannya, Brooks dan istrinya meminta Mia menunjuk benda atau kartu bergambar.

Keinginan Brooks untuk bisa lebih mudah berkomunikasi dengan putrinya terkabul setelah dia membeli iPhone tahun lalu. Dia merancang aplikasi iPhone bernama iComm, yang sesuai dengan kebutuhan putrinya yang berusia lima tahun itu.

Dikutip detikINET, Selasa (11/5/2010), iComm memungkinkan Mia yang tidak bisa berjalan, berbicara atau mengendalikan gerakannya sendiri untuk menunjukkan gambar-gambar makanan, mainan, dan tema kegiatan sehari-hari lainnya di layar iPhone menggunakan matanya.

Yang terpenting dari aplikasi ini, Brooks dan istrinya dapat mengunggah foto sendiri sehingga aplikasi iComm dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan Mia.

"Mia menemukan hal menarik dimana dia dapat melihat foto dirinya tengah beraktivitas. Dengan melihat foto teman-teman dan keluarga, Mia merasakan sentuhan rasa cinta yang lebih besar," kata Brooks.

Perangkat lunak ini telah diunduh oleh lebih dari 1.300 pengguna sejak dijual di toko aplikasi Apple Maret silam. Berkat aplikasi ciptaannya itu, Brooks yang tinggal di St Albans, Hertfordshire, dibanjiri pesan dari orang tua di seluruh dunia yang mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih mereka, karena kehadiran iComm dapat membuat anak-anak yang mengalami hal sama dengan Mia lebih mudah mengungkapkan keinginannnya. (detikinet.com/ humasristek)

No comments:

Post a Comment