Tuesday, July 13, 2010

"setup did not find any hard disk" Saat Downgrade dari Windows Vista ke Windows XP

Beberapa minggu lalu, program - program yang ada di si bapuk (my lappie) tiba - tiba aja banyak yang gak jalan,, padahal waktu itu mesti nyelesein tugas VB yang udah dikejar deadline.. (o_O)
setelah mencoba beberapa cara, dari uninstall program2 tsb, dan install lagi, tuh program tetep aja gak mau jalan.. malah pada saat uninstall, prosesnya itu gak jalan - jalan. padahal udah nunggu 2 jam lebih!!

stresslah gw,, hahaha.. besok tugas mesti dikumpulin.. dan gw gak nge back up tugas gw ke flash disk,, makluum.. ga punya flash diskk booo.. hahahaha

alhasil, setelah pasrah kepada illahi, (alah) akhirnya gw memutuskan untuk menginstall ulang si bapuk. (entah untuk yang ke berapa kali)

udah gitu, si bapuk mau di downgrade aja deh, ke windows xp.. gak bisa kali dia pake OS yang bagusan, makanya ngambek,, hahaha... Gak deng, karena emang program2 yang gw pake itu ada beberapa yang gak compatible di windows vista. makanya, baliklah si bapuk ke habitat asal. yaitu pake windows XP.

setelah melalui proses yang sangat panjang (padahal ngubek2 nyari cd instalan xp sama cd drivernya) akhirnya masuklah si bapuk ke ruang operasi..

baru aja mulai setup, tiba tiba jeeeng... jeeeenggg...
muncul tulisan yang bikin jantung gw bedebar - debar gak karuan...
gw dapet,,
surat cinta?
gubrak! bukanlah..

tiba - tiba aja di layar muncul seperti ini :


what the ....? *&@%#^$&*!!!!

mampus deh gw,, wasalam deh,, gak lulus mata kuliah vb deh.. (lebaaayyyy)
panik donk gw,, ini wat hepen?
kok hard disk gw gak kebaca?
udah stress aja gw mikirin duit buat beli hard disk baru (maklum,, gw penganut aliran lebaynism)

akhirnya gw keluar aja dari tuh setup, dan coba lagi masuk ke windows..
untungnya windowsnya gak kenapa - napa..
langsung deh buru - buru googling,, nyari solusi.. akhirnya gw nemu web INI
setelah membaca satu persatu,, akhirnya...
akhirnya...

itu tidak membantu saya..hahahha

ribet bo,, mesti instal ini itu..
akhirnya gw baca tuh komen bawahnya..
dan itu amat sangat membantu. simple, jelas.

cuma masuk ke BIOS, terus ubah SATA Modenya jadi IDE Mode,
atau mungkin di laptop merk lain, ubah SATA mode yang ENABLE jadi DISABLE




Save Configuration, Exit..
dan...

Jeengg..jenggg...

Setup Windows XP akan kembali seperti sedia kala... lancar nan jaya..

mengapa itu bisa terjadi?

Karena di windows XP, dia tidak mengenal SATA (AHCI) hard drive.. jadi kalo konfigurasi pada BIOS adalah SATA (AHCI) maka, windows xp tidak akan mendeteksi hard drive yang ada.
sedangkan jika konfigurasi di BIOS adalah SATA(IDE), windows xp akan dapat mendeteksi hard drive.

it was really simple, right?

kalo misalnya emang gak bisa pake cara di atas,, silahkan coba cara dari link yang udah di kasih tadi.. walaupun sebenernya gw belom pernah coba pake cara itu..

tapi kita gak akan pernah tau kalo gak di coba kan? :P

1 comment:

  1. sama seperti masalah yg saya hadapi... thank ya infonya..

    ReplyDelete