Wednesday, June 15, 2011

Identifikasi Kompleksitas Teknologi



Seperti postingan sebelumnya, bagaimana saya berpendapat menganai paparan kompleksitas sistem dari suatu teknologi. Semakin munculnya teknologi – teknologi yang baru, semakin kompleks pula sistem yang ada.

Adanya teknologi memang bermanfaat untuk memudahkan segala kegiatan/keperluan manusia. Mungkin tanpa adanya teknologi, manusia akan kewalahan. Namun pernahkan terbayangkan jika suatu teknologi yang diciptakan itu akan membuat suatu masalah lain pula, yang membuat segalanya menjadi rumit.

Setiap ada sebab, pasti ada akibat. Begitu pula dengan adanya teknologi. Dibalik semua kecanggihan dan kemudahan yang kita rasakan, tenyata banyak hal yang membuat suatu problema baru, yang akhirnya membuat manusia untuk mencari pemecahannya, dan akhirnya terciptalah sebuah teknologi lain, yang memiliki masalah lain pula.

Mungkin penjelasan saya cukup rumit. Ya karena memang kita sedang membahas suatu hal yang rumit, alias kompleks. Jadi begini, kita ambil contoh satu hal. Yaitu sebuah perangkat lunak. Software atau perangkat lunak diciptakan untuk menjembatani manusia dengan mesin komputer. Software menerjemahkan keinginan manusia kepada mesin, sehingga mencapai hasil yang diinginkan. Macam – macam software adalah Sistem Operasi, aplikasi pengolahan data, aplikasi perhitungan, aplikasi permainan, aplikasi imaging, dan masih banyak jutaan aplikasi yang diciptakan manusia. Dan seiring dengan kebutuhan manusia tersebut, Jika Aplikasi yang ada sudah kurang maksimal, maka para programmer harus membuat aplikasi baru yang sesuai dengan kebutuhan.

Nah, sesuatu yang baru ini akhirnya yang membuat masalah, contohya, Sistem Operasi Microsoft Windows. Microsoft merupakan perusahaan yang paling gencar untuk menciptakan suatu teknologi baru. Sistem operasi keluaran windows sekarang ini adalah Windows 7. Hal ini memang menciptakan suatu teknologi baru, suatu fitur yang baru, dan suatu fungsi yang baru pula bagi manusia. Namun ternyata dibalik itu adanya windows 7 menyebabkan vendor – vendor lain mau tidak mau harus meng-upgrade aplikasinya agar support di sistem operasi tersebut. Seperti driver – driver perangkat komputer misalnya.

Software erat kaitannya dengan hardware, atau perangkat keras. Dengan adanya perubahan perangkat lunak, tentu saja hal itu juga terjadi pada hardware. Jika seseorang memiliki komputer/laptop lama tetapi ingin menginstallnya dengan windows 7, tentu saja tidak bisa, kecuali vendor – vendor dari perngkat keras di dalam komputer/laptopnya telah meng-upgrade driver yang mereka miliki untuk support di windows 7. Belum lagi minimum requirement yang dibutuhkan si windows 7, mau tidak mau membuat user meng-upgrade hardware yang dimilikinya, entah untuk processor ataupun RAM yang harus dimiliki.

Itu dari satu contoh saja. Contoh lain, misalnya hubungan antara PC dan Laptop dan Modem, Perubahan teknologi pada PC, yaitu laptop. adanya laptop otomatis membuat pengguna PC menjadi berkurang. Karena laptop lebih fleksibel daripada PC. Selain itu dengan berkembangnya laptop ternyata membawa pengaruh pula bagi penggunaan modem.

Adanya modem rumahan (ADSL) mungkin sekarang sudah tidak sepopuler dulu, bagaimana masyarakat berbondong – bondong untuk memasang internet di rumah. Tetapi sekarang hal tersebut dirasakan kurang efisien, karena akses internet hanya bisa dilakukan dirumah saja. oleh karena itu sekarang masyarakat lebih memilih penggunaan modem wireless, yang bisa dibawa kemana saja seperti laptop. dan pada akhirnya penggunaan modem ADSL menjadi berkurang. Hal ini tentu saja memberikan masalah bagi perusahaan yang membuatnya, sehingga mau tidak mau perusahaan tersebut harus mengikuti perkembangan yang ada.

Hal – hal tersebut membuktikan bagaimana perubahan/perkembangan teknologi yang baru ternyata membuat teknologi yang lama menjadi terbuang, dan akhirnya tidak bermanfaat lagi. Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula masalah yang akhirnya tercipta kembali.

Contoh – contoh diatas hanyalah sebagian kecil dari masalah yang ada. Jadi jika kita bayangkan seluruh teknologi yang ada, bisa terbayang pula seberapa kompleks masalah tersebut. Tetapi memang seperti itulah jalannya teknologi. Seperti sebuah lingkaran yang tidak memiliki ujung.

No comments:

Post a Comment